Cara Dasar Bernyanyi

20.56


Menyanyi adalah salah satu bakat yang sebenarnya dimiliki semua orang. Tentu saja, beberapa orang lebih berbakat secara alami dibandingkan dengan orang lainnya, tetapi bahkan jika suara Anda tidak bagus, Anda bisa mengatasinya dengan usaha keras, latihan dan latihan. Bahkan jika Anda nyaman untuk bernyanyi di kamar mandi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki suara Anda. Suara emas Anda akan keluar dalam waktu singkat!

Menentukan gaya bernyanyi Anda

Gaya yang Anda inginkan dalam nyanyian Anda dapat membuat perubahan besar dalam cara bernyanyi. Pahami tuntutan dari gaya tertentu, tetapi pahamilah bahwa mempelajari teknik beragam gaya bisa membuat Anda menjadi penyanyi yang lebih baik. Artikel ini membahas terutama tentang teknik secara keseluruhan, tetapi Anda bisa mencari panduan khusus untuk gaya tertentu seperti:

  • Pop
  • Rock
  • R&B
  • Jazz
  • Country
  • Hip Hop
  • Rap
  • Beatbox

Psychedelic. Jika Anda berani mengambil risiko dalam penampilan musik Anda, maka
cobalah gaya ini. Gaya ini lebih 'bebas' dan 'baru", yang banyak dipuja banyak orang. Jika Anda menyanyikannya dengan benar, gaya ini akan membuat Anda sangat digemari, jika Anda membuatnya terkenal!

Gaya musik 'indie' cukup banyak digemari akhir-akhir ini, dan ada kesempatan yang besar untuk mengembangkan kreatifitas dalam gaya musik ini, terutama dalam hal menulis lagu.

Ketahui rentang suara Anda

Hal ini penting, karena menyanyikan lagu dengan rentang suara yang salah bisa membuat suara Anda tegang hingga Anda terdengar seperti beruang yang sedang sakit.

Rentang suara Anda terutama ditentukan oleh bentuk dan ukuran alat musik Anda: suara. Bentuk dan ukuran laring adalah faktor utama yang menentukan rentang suara. Anda mungkin bisa berusahan untuk mengatasi hambatan ini, tetapi secara umum rentang suara Anda tetap. Berikut ini adalah panduan umum untuk menentukan rentang suara Anda:

Sopranino: Bisa mencapai rentang yang paling tinggi, seorang Sopranino bisa menyanyikan hingga D6 dan lebih.
Soprano: Seorang Soprano menyanyikan dari C4 hingga A5, atau bahkan lebih tinggi lagi.
Mezzo-soprano: Rentang mezzo-soprano meliputi sekitar A3 hingga F5.
Alto: Rentang standar suara alto adalah sekitar E3 hingga E5.
Contralto: Suara wanita terendah disebut dengan "contralto," dan berada di bawah E3.
Countertenor: Pria dengan rentang suara yang sangat tinggi, hingga mencapai rentang alto dan soprano pada suara wanita, atau memiliki falsetto yang kuat dan jelas, disebut sebagai "countertenor."
Tenor: Rentang suara ini berada di dekat ujung bagian atas suara pria. Seorang tenor bisa bernyanyi dengan nyaman di antara C3 dan A4
Bariton: Rentang suara seorang penyanyi bariton terletak di antara F2 dan E4.
Bass: Rentang suara penyanyi bass berada di sekitar F2 hingga E4, dengan rentang yang nyaman secara normal di antara G2 dan A3.
Contrabass: Jika Anda bisa menyanyikan G1 atau lebih rendah lagi, Anda disebut sebagai seorang penyanyi sub-bass, contrabass, atau basso profundo.

Orang-orang mungkin akan menyukai atau membenci suara Anda berdasarkan pada karakternya, tidak hanya berdasarkan seberapa banyak nada atau alunan lagu yang bisa Anda nyanyikan. Rentang suara Anda bisa dikembangkan dengan latihan yang tepat, hanya saja pastikanlah untuk menggunakan teknik yang sudah terbukti agar tidak membuat suara Anda menjadi tegang.

Mulailah secara gratis

Ada banyak video latihan vokal di YouTube, yang dibuat oleh penyanyi amatir hingga penyanyi profesional dengan latar belakang pendidikan. Mungkin akan sulit menemukan pelatih vokal yang baik di internet, tetapi pikirkanlah seperti ini: hal ini adalah cara terbaik untuk mencari tahu apakah Anda menyukai dilatih bernyanyi, apakah Anda siap untuk berlatih, dan yang lebih penting lagi, apakah Anda siap menerima pelajaran.

Berlatih

Carilah pelatih vokal atau guru vokal yang berkualitas yang dapat membantu Anda menjadi penyanyi yang baik. Cari di toko musik sekitar Anda, atau guru musik di sekolah Anda.

Jika Anda serius ingin menjadi penyanyi, berlatih lebih cepat akan lebih baik: teknik penampilan yang buruk bisa merusak suara Anda untuk selamanya!

Jika Anda tidak memiliki biaya untuk membayar seorang guru, atau tidak mau berkomitmen dengan mempekerjakan seorang pelatih profesional, pertimbangkanlah untuk bergabung dengan paduan suara di sekitar Anda.]

Ada banyak juga latihan vokal di rumah juga seperti 'Singing Success, Sing and See, Singorama, Singing for the Stars dan Vocal Release, tetapi pastikanlah menelitinya terlebih dahulu untuk menentukan mana yang benar-benar berhasil untuk penyanyi lainnya.

Kenali perangkat suara Anda

Semakin Anda mengenal cara seharusnya semuanya bergerak dan terasa, akan lebih selaras suara Anda.

Sentuh bagian atas tulang leher Anda. Sekitar satu sentimeter di bawah jari Anda adalah puncak dari paru-paru Anda.

Periksa tulang rusuk Anda. Bagian ini bergerak menyerupai pegangan ember yang melekat dengan tulang belakang dan tulang dada Anda. Saat Anda menarik napas, tulang rusuk Anda bergerak ke atas seiring dengan mengembangnya dada. Saat Anda mengeluarkan napas, tulang rusuk Anda akan mengempis seiring dikeluarkannya udara dari dalam paru-paru Anda.

Cari garis dada Anda. Tempat ini adalah di mana dada Anda akan mengembang paling besar. Letakkan tangan Anda di sekitar setengah dari batang tubuh Anda. Tarik napas panjang, dan gerakkan tangan Anda hingga Anda menemukan titik pemanjangan tulang rusuk yang paling besar.

Bagian dasar paru-paru Anda terletak di bawah tulang dada, di mana kedua bagian tulang rusuk Anda bertemu. Bagian inilah dasar dari paru-paru Anda dan letak diafragma. Penyebab perut Anda menggembung saat Anda menarik napas panjang adalah karena diafragma menekan semua yang ada di bawah tulang rusuk Anda, bukan karena paru-paru Anda berada di dalam perut.


http://id.wikihow.com/Bernyanyi

You Might Also Like

0 komentar